Kenapa banyak siswa yang tak bisa mengeluarkan pendapat di kelas?


Hasil gambar untuk mengemukakan pendapat
source : google


          Semua orang mempunyai kebebasan berpendapat di muka umum seperti yang di atur dalam undang – undang 1945 pasal 28E ayat 3 dan pasal 14 undang – undang No. 39 tahun 1999. Tapi nyatanya, tak semua orang mudah untuk mengeluarkan pendapatnya di muka umum. Kendala yang di hadapinya pun berbeda – beda. Ada seseorang ingin mengeluarkan pendapatnya tapi dia tak sanggup untuk merangkai kata – katanya dan ujungnya pendapatnya hanya di simpan. Kebiasaan untuk mengeluarkan pendapat memang harus di biasakan agar mudah. Mereka yang sering mengeluarkan pendapat biasanya sering adu argument atau menyarankan sesuatu di dalam rumah. Beberapa takut ingin mengeluarkan pendapat karena takut pendapat yang dikeluarkan tidak di terima atau di tolak mentah – mentah oleh orang lain. 
            Sesuatu yang di mulai dari hal kecil akan mudah jika akan melakukan hal yang besar. Jika di dalam lingkungan kecil suka mengeluarkan pendapat maka suatu saat nanti di dalam kelas pun seperti sudah biasa. Beberapa orang sulit sekali untuk mengeluarkan pendapat karna tak pernah di ajarkan sedari dini. Ada keluarga yang tak peduli dengan berkembangan anaknya yang membuat si anak saat dewasa sulit melakukan sesuatu hal karna tak pernah di ajarkan. Beberapa hal kecil perlu di ajarkan saat usia dini. Jika sedari dulu anak di ajarkan untuk mengeluarkan pendapat saat memasuki dunia pendidikan, siswa tersebut menjadi aktif
            Pengajaran yang di lakukan sejak usia dini memang sangat berpengaruh saat remaja nanti. Sangat dianjurkan untuk menjejeli anak saat usia dini karena usia dini di sebut dengan "golden age"

Komentar

Postingan Populer