Apakah ujian berbasis komputer efektif?

Hasil gambar untuk unbk
sumber : google



                Proses pembelajaran di era digital membuat pembelajaran pun menggunakan komputer  seperti ujian nasional berbasis computer sangat dianjurkan. Ujian nasional berbasis computer sudah di laksanakan sekitar dua tahun yang lalu. Ujian menggunakan computer meminimalisir terjadinya human error dan menyontek karena soal A dengan soal B teman sebelahnya berbeda. Waktu ujian yang digunakannya sesuai dengan yang sudah di tentukan.
                Tetapi ujian menggunakan komputer tidak menguntungkan bagi sekolah yang tidak memiliki komputer karena biayanya yang sangat mahal. Sekolah yang berada di pelosok juga mengalami kesulitan karna bukan hanya komputer saja yang kurang tapi tempat untuk berlangsungnya ujian pun harus di cari. Ujian menggunakan komputer perlu menggunakan listrik yang cukup besar
                Ujian menggunakan komputer menyebabkan mata lelah terlalu lama menatap komputer. Ujian menggunakan komputer tidak seenak menggunakan kertas yang lebih leluasa membacanya sambil mencoretnya. Tetapi ujian menggunakan komputer mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan. Jadi, efektif kah ujian berbasis komputer?

Komentar

Postingan Populer