Menanamkan tanggung jawab kepada anak

Pada usia dini anak belum mengerti salah dan benarnya, saat anak melakukan kesalahan anak pasti menyalahkan orang lain atas tindakannya. Untuk itu orang tua perlu mengajar tentang tanggung jawab kepada anak dengan melatih perlahan lahan agar dapat diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari hari. Memang tidak mudah untuk menanamkan tanggung jawab, maka itu perlu diajarkan sedari dini. Mengajarkan setiap tindakan yang dilakukan harus bersiap untuk menanggungnya.

Beberapa tips untuk mengajari anak untuk bertanggung jawab : Beri tahu anak tentang tanggung jawab itu, ajarkan mereka untuk disiplin, anak perlu mengerjakan sesuatu dengan waktu yang tepat dan akan menanggung konsekuensi jika telat. Lalu beri anak tugas yang ringan yang akan mengajarkan bertanggung jawab di rumah. Beri tahu mereka tentang aturan aturan di rumah dan jika dilanggar anak harus menanggung konsekuensinnya.

Dengan memberikan pengetahuan tentang tanggung jawab anak akan mengerti benar dan salahnya. Setelah anak menanamkannya ia bertanggung jawab dengan tindakan yang di buat dan lebih berhati hati.

Komentar

Postingan Populer