Ajarkan anak - anak tentang budaya Indonesia

Pada abad 21 kebudayaan semakin lama semakin terkikis terbawa oleh zaman. Indonesia memiliki kebudayaan yang sangat beragam macamnya. Pemandangan anak anak bermain permainan tradisional di luar saat sore hari tergantikan dengan kecagihan teknologi, jarang sekali menemukan momen langka tersebut. Semua telah dilupakan dan tinggalkan. Melihat mereka terbuai dengan kemajuan zaman hingga melupakannya.

Jarang diperkotaan melihat sekelompok yang berbincang dengan bahasa daerahnya atau melihat anak muda menggunakan bahasa daerah. Padahal itu semua merupakan identitas bangsa kita sendiri.

Anak - anak zaman sekarang perlu untuk diberitahukan atau diajarkan tentang kebudayaan, permainan tradisional dan hal yang lainnya. Jangan berikan dia gadget saat belum cukup umur, biarkanlah dia bermain di luar dengan teman - temannya. Biasakan menggunakan bahasa daerah di lingkungan keluarga agar ia tak melupakannya, karena semua dimulai dari hal terkecil.

Seharusnya, mempertahankan kebudayaan Indonesia bukan hanya tugas pemerintah melainkan tugas semua bangsa Indonesia. Karena ada pepatah yang mengatakan “bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai kebudayaan sendiri" Jangan menyesal jika suatu hari kebudayaan kita hilang tergantikan zaman ataupun di ambil oleh negara lain.

Komentar

Postingan Populer