Sudahkah semua warga negara mendapatkan pendidikan?

          Pendidikan merupakan hak yang perlu dimiliki semua warga negara sepertinya di jamin pada pasal 31 ayat 1. Nyatanya, tak semua warga negara mendapatkan pendidikan yang layak, masih banyak anak yang tak bersekolah, tidak melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yang membuat cita - citanya hanya bisa terpendam. Itu semua dikarenakan biaya sekolah yang semakin tinggi jenjangnya semakin mahal harganya. Bahkan untuk keluarga sederhana saja tidak mampu untuk membiayainya.

         Walau banyak beasiswa yang tersebar tetapi tidak menjamin mereka semua mendapatkan karena syarat yang dimiliki sulit untuk dipenuhi, apalagi anak - anak yang diperdalaman. Mereka tak melanjutkan sekolah karena di suruh bekerja oleh orang tuanya untuk membantu daripada menghabiskan uang untuk sekolah. Pemahaman penting nya pendidikan di kalangan orang tua di perdesaan atau di perdalaman sangat minim. Mereka lebih baik untuk menyuruh anaknya bekerja untuk keberlangsungan hidup.

         Padahal dengan pendidikan bisa mengubah status sosial orang tua, dengan pendidikan mereka bisa lebih maju. Pendidikan sangat  penting untuk anak Indonesia, untuk kemajuan bangsa Indonesia kedepannya. Pemerintah harus lebih perhatikan pendidikan agar semua warga negara mendapatkan pendidikan yang layak.

Komentar

Postingan Populer