Jangan paksa anak untuk menguasai semua mata pelajaran

Hasil gambar untuk anak yang di paksa pintar
sumber : google




                Sekolah sekarang yang berbasis kurikulum 2013 memaksa anak mampu untuk menguasai semua mata pelajaran dan orang tua pun memaksa anaknya untuk mendapatkan nilai baik. Padahal setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda – beda seperti yang di katakan Albert Enstein “setiap anak memiliki karakter dan kemampuan yang berbeda. Jika kita menilai ikan dari caranya memanjat pohon, maka seumur hidup ikan itu akan merasa dirinya bodoh.” Kutipan tersebut bisa kita lihat untuk orang tua yang suka membandingkan anaknya dengan anak orang lain dan memaksa anaknya untuk juara di kelas.
                Jika anak di paksakan untuk menguasai semua mata pelajaran ia  akan menjadi stress dan terus menggagap dirinya bodoh. Pandangan masyarakat dan beberapa orang tua tentang nilai adalah segalanya perlu di hilangkan. Jika pandangan ini terus ada anak akan terus mencari cara untuk mendapatkan nilai bagus. Seharusnya masyarakat jangan menilai hasilnya, lihatlah proses yang anak lalui untuk mendapat nilai tersebut.
                Jika pandangan itu terus ada tak memungkinkan budaya mencontek terus ada karena masyarakat dan orang tua yang membuat anak itu harus melakukan perbuatan tersebut untuk mendapatkan hasil. Orang tua seharusnya mensupport yang terjadi pada anak bukan untuk memaksakan anak menguasai semua mata pelajaran.

Komentar

Postingan Populer